Home » » Seandainya Seluruh Indonesia Melaksanakan Nyepi Seperti di Bali, Apa Yang Akan Terjadi?

Seandainya Seluruh Indonesia Melaksanakan Nyepi Seperti di Bali, Apa Yang Akan Terjadi?


Share to: Facebook | Twitter

Belum pernah ngerasain Hari Raya Nyepi? Ini yang bakal terjadi kalo Nyepi diterapkan di seluruh Indonesia.
Jalanan sepi,nggak ada mobil dan orang yang berlalu lalang atau kelihatan sedang bekerja. Pada malam hari pun suasana bakal sangat hening, sebagian besar lampu di rumah gelap, hanya hotel dan penginapan yang punya cahaya temaram. Tempat-tempat hiburan yang biasanya ramai, kini sepi. Bandara dan pelabuhan pun juga ditutup saat Nyepi. Begitulah kira-kira keadaan saat Nyepi di Bali.
Hari Raya Nyepi merupakan momen penting bagi umat Hindu di Bali. Pada saat itu umat Hindu yang merupakan mayoritas penduduk Bali memang nggak diperbolehkan keluar rumah, bekerja atau melakukan kegiatan lain. Pada malam hari lampu rumah pun harus dipadamkan dan nggak boleh ada suara. Hening, bahkan lebih mirip kota mati.
Lalu, gimana seandainya Nyepi nggak cuma dilaksanakan di Bali, tapi di seluruh wilayah Indonesia?
1 Riset BMKG menunjukkan, Nyepi mampu menurunkan kadar CO2 dan NO2 di udara. Indonesia pasti bakal jadi negara paling fresh udaranya selama 1 hari penuh!

Pada saat dunia diisukan dengan global warming, peristiwa Nyepi amat menemukan titik signifikannya. Berapa ton karbon bisa dihentikan polusinya pada saat seluruh aktivitas dihentikan selama 24 jam?
Pada tahun 2012 kemarin, perayaan Nyepi di Bali bisa mengurangi emisi karbon sebesar 30.000 ton, karena sekitar 2,3 juta kendaraan berhenti beroperasi untuk hari itu.
Kalo melihat data di atas, kontribusi hari Nyepi buat lingkungan hidup dan sumbangannya terhadap isu global warming nggak bisa kita remehkan lho. Itu cuma di Bali, gimana kalo di seluruh Indonesia? Peristiwa Nyepi nggak cuma bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, tapi juga bermanfaat bagi seluruh kehidupan di dunia.
2 Earth Hour satu jam aja bisa menghemat miliaran Rupiah. Bayangkan kalo Nyepi dilaksanakan di seluruh Indonesia. Hemat berapa duit tuh.

Siang hari, kamu masih diperkenankan untuk menyalakan lampu dan peralatan elektronik di dalam kamar hotel. Siaran televisi (lokal maupun cable) dan radio bakal dihentikan selama Nyepi.
Nah, ketika malam hari kamu nggak boleh menyalakan sumber cahaya, kecuali kamu punya bayi. Cahaya lampu, televisi atau apapun yang menimbulkan cahaya harus dihindari. Termasuk nyalain korek api buat nyalain rokok. Ingat, kondisi malam saat Nyepi sangat gelap. Gelap bangeeeeet deh. Cahaya sekecil apapun akan terlihat dari kejauhan sekalipun.
Dengan kondisi kayak gini, kamu secara nggak langsung ikut merayakan Earth Hour lho. Earth Hour yang biasa dilakukan di pulau Jawa, Madura, dan Bali biasanya dilakukan selama satu jam saat malam. Gara-gara ini, beban listrik bisa turun secara signifikan! Kalo penurunan beban ini dikalibrasikan ke nilai rupiah, PLN bisa menghemat biaya lebih dari Rp 1 miliar, menurut data tahun 2014. Itu cuma satu jam. Itu cuma 3 pulau. Gimana kalo seluruh Indonesia?
3 Nggak bisa hangout bareng temen-temen padahal tanggal merah? Siapa bilang. Justru dunia online bakal lebih rame karena temen-temenmu yang jarang online pun akhirnya muncul.

Karena saat Nyepi kamu nggak boleh beraktifitas di luar rumah, maka orang Indonesia bakal pindah tempat ke dunia maya. Orang Indonesia bakal nongol di berbagai sosmed! Yang biasanya akun Facebook nggak pernah akitf, sekarang nongol. Yang biasa ngirimin message ke temen dibalesnya 2 hari kemudian, sekarang balesnya secepat kilat. Foto-foto gokil pun turut meramaikan supaya kamu nggak bosan.
4 Kolam renang di kotamu bakal penuh.

Berenang adalah aktivitas yang paling praktis, hemat dan bermanfaat buat kesehatan serta pas dilakukan pada saat nyepi. Mengapa? Dengan keheningan, kamu bakal lebih bisa relaks dan mengatur pernapasan kamu dengan lebih baik saat berenang. Jika berenang bukan aktivitas favorit kamu, kamu masih bisa relaks di pinggiran kolam dan menikmati segelas minuman segar ditemani dengan buku favorit kamu. Walo kolam renang penuh sesak, tapi mereka semua nggak bakal berisik. Mereka semua bakal tetap menjaga keheningan dan ketenangan untuk menghormati umat Hindu yang merayakan Nyepi.
5 Kicauan burung akan lebih terdengar daripada biasanya, karena suasana sunyi yang tiba-tiba melanda.

Dulu saat pagi hari kita sering mendengar kicauan suara hewan yang bernama burung, keindahan suara disaat cuaca dingin yang menyelimuti tubuh, kicauan suara burung membuat kehangatan tersendiri.
Ada ragam suara burung, mulai dari suara kecil sampai suara keras dan menghentak. Kompilasi perpaduan suara burung yang mengitari sekeliling rumah menjadikan semangat baru untuk menjalani kehidupan.
Tapi… semua kegaduhan yang indah itu telah hilang saat ini, yang ada tinggal kegaduhan suara mesin, suara manusia yang ribut akan kehidupan.
Kalo Nyepi serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, kamu bakal lebih bisa mendengar suara burung dengan lebih jelas. Mereka akan keluar dari sarangnya, mendengar kesunyian yang tiba-tiba terjadi, dan mulai berkicau dengan bebas. Dijamin, kamu bakal semakin adem ayem dengan suasana alam yang sebelumnya nggak pernah bisa kamu nikmati di perkotaan.
6 Begal bakal mikir dua kali buat beraksi. Justru kalo mereka keluar, merekalah yang bakal “dibegal” para Pecalang dan Polisi setempat.

Pecalang atau lebih dikenal dengan polisi tradisional Bali yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan saat upacara keagamaan bagi agama Hindu, membantu para anggota kepolisian dan mengatur lalu lintas di tempat upacara agama berlangsung, sehingga bisa berjalan lancar. Mereka bakal hadir di setiap ujung jalan maupun persimpangan menjaga keamanan dan juga ketertiban pelaksanaan hari suci yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat Hindu.
Tentu aja ini bikin miris para begal. Biasanya kalo dalam sehari mereka bisa beraksi menghasilkan 1-2 buah motor hasil begal, sekarang mereka nggak bisa bebas beraksi di jalanan. Alhasil penghasilan mereka bakal berkurang. Kalo pun mereka masih berusaha nekat keluar cari mangsa, yang bisa dibegal paling-paling cuma para pecalang atau polisi. Udah bikin keributan, melanggar aturan, dan melakukan begal pula. Bisa-bisa mereka yang malah dibegal para pecalang dan polisi.
7 Okupansi hotel bakal penuh. Hotel biasanya menawarkan diskon dan paket-paket yang menarik lho saat Nyepi. Turis-turis juga bakal berdatangan.
Restoran atau warung atau depot harus tutup saat Nyepi. Kamu juga nggak boleh nyalain kompor buat masak. Trus, gimana makannya? Di hotel dong.Jangan khawatir. Biasanya hotel-hotel di Bali saat Nyepi bakal memberikan promo diskon dan paket menarik lainnya saat Nyepi. Makanya, orang bakal berbondong-bondong nginep di hotel. Untuk libur Nyepi ini, okupansi di hotel bisa naek sekitar 70 persen lho! Soalnya wisatawan asing juga bakal berbondong-bondong ke Indonesia. Walau banyak larangan, tapi tetep mereka ingin merasakan gimana suasana Nyepi. Ini secara nggak langsung bisa meningkatkan sektor wisata Indonesia lho.
Banyak hotel yang menawarkan berbagai paket khusus Nyepi yang biasanya terdiri dari berbagai kegiatan relaksasi dengan menikmati fasilitas hotel seperti spa, sauna, yoga, dan massage. Jika jeli, kamu bisa dapet paket-paket tersebut dengan harga murah.
Kapan lagi kamu bisa nginep di hotel bintang lima dengan harga miring.
8 Yoga jadi salah satu kegiatan yang bakal dilakukan karena emang yoga butuh ketenangan dan konsentrasi.

Yoga bakal jadi salah satu aktivitas favorit yang bakal dilakuin kalo Hari Raya Nyepi diadakan di seluruh wilayah Indonesia. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Jadi emang cocok banget nih dilakukan saat Nyepi.
Tempat training yoga bakal penuh sesak, tapi suasana hening dan tenang bakal bikin kamu lebih fokus dalam melakukan gerakan-gerakan yoga dan membantu konsentrasi kamu dalam bermeditasi, mendengarkan suara batin dan menyentuh sisi emosional diri kamu yang selama ini kamu pendam. Tapi yoga juga bisa dilakukan di rumah masing-masing. Dijamin, kamu bakal merasa “50 kg lebih ringan” di pengujung aktivitas ini. Kalo kamu lagi nginep di hotel, kamu bisa cek ke staf hotel untuk sesi yoga yang tersedia pada hari tersebut dan lakukan reservasi. Jika kamu udah pernah atau terbiasa melakukan yoga sebelumnya, kamu juga bisa melakukan “do it your self” yoga dan menghemat uang kamu lho.
9 Dalam suasana hening dan tenang spa, bakal bisa lebih bisa dinikmati. Siapa sih yang nggak mau merasakan sensasi rileksnya spa?

Aktivitas lain yang bisa dilakukan selain yoga pada saat nyepi adalah spa. Sama halnya dengan yoga, dalam suasana hening dan tenang spa tentunya akan lebih bisa dinikmati. Suara angin yang berhembus dengan halus, kicauan burung, dan gemercik air akan menjadi musik alam yang menemani perawatan spa kamu pada hari itu. Biasanya, hotel-hotel akan menyiapkan paket-paket promosi spa Nyepi untuk para tamunya, jadi kamu bisa memilih paket spa apa yang kamu inginkan untuk dinikmati pada hari itu.
10 Pikiran rakyat Indonesia bisa kembali jernih. Daya konsentrasi dan ketenangan batin akan muncul sebagai energi yang positif.

Seringkali orang mengatasi kejenuhan, kepenatan, atau kehilangan fokus dan konsentrasi mereka dengan melakukan re-fresh atau menyegarkan kembali pikiran. Berdoa, rekreasi, mendatangi tempat hiburan, dan sejenisnya merupakan cara-cara yang biasa dilakukan supaya pikiranmu segar kembali.
Hebatnya, proses ini dilakukan secara masif oleh seluruh masyarakat Bali dengan sangat disiplin dan sadar diri hingga kini. Bayangkan, di jaman yang sangat modern kayak sekarang, dalam satu hari penuh nggak ada kegiatan apa pun di Bali, hampir nggak ada satu pun kendaraan atau manusia yang melintas di jalan jalan, nggak ada listrik yang menyala, nggak ada suara yang berisik. Ini hal yang menakjubkan lho, bahkan diakui oleh dunia sebagai kearifan lokal yang mampu menurunkan emisi karbondioksida secara signifikan.
Kalo semuanya itu nggak boleh dilakukan, apalagi di seluruh wilayah Indonesia, maka yang ada hanyalah diam, tenang, gelap, hening, dan kosong. Ini adalah refresh yang sesungguhnya. Di hari tersebut pada akhirnya kamu bisa memusatkan pikiran secara penuh kepada Sang Pencipta, merenungkan kembali apa yang telah dilakukan dan apa yang harus diperbaiki ke depan, dan mengembalikan konsentrasi serta energi positif ke dalam tubuhmu. Pikiran kita akan kembali putih bersih seperti ketika kita baru lahir. Penuh damai dan kebahagiaan. Semoga para pelaku kriminal, para koruptor, dan para begal bisa jadi segera bertobat gara-gara merasakan damai ini.
11 Ketika fajar baru terbit setelah Hari Raya Nyepi, udara Indonesia akan sangat dingin dan segar, seperti udara di gunung yang tinggi dengan embun pagi, setelah seharian tanpa polusi dan dalam keheningan.

Selamat Hari Raya Nyepi 2015. Semoga toleransi antar umat beragama di Indonesia semakin maju dan dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia yang majemuk.
[ sumber ]



Follow Fans Fb Menjelma :


Follow twitter Menjelma : @TauGak_sih


0 komentar:

Poskan Komentar

Setiap Komentar yang kamu Berikan, Otomatis kamu Mendapatkan "1 Backlink Gratis" dari Website PR 2 Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : menjelma |
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Copyright © 2013. MENJELMA - All Rights Reserved